Senin, 25 April 2011

Mengunjungi Panti Jompo Nurul Jalal Muara Tebo

. Senin, 25 April 2011

Di Bangun Tahun 1954, Tempat Lansia Mendalami Agama Islam


Dibalik hiruk pikuk aktivitas penjual dan pembeli di Pasar tradisional Muara Tebo, sekelompok orang lanjut usia mendalami ilmu agama Islam. Di usia senja mereka mengabdikan hidup untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Mereka adalah penghuni panti jompo yang terletak berdampingan dengan pasar Muara Tebo. Bagaimana kondisi mereka? Beriku ulasan Radar Tebo

.

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++


Sebagian besar masyarakat Tebo mengenal ulama yang menyebarkan agama Islam di kabupaten Tebo. Adalah Almarhum KH.Zahrudin Usman, yang dikenal masyarakat Tebo sebagai Guru Besar yang merintis pendidikan Islam di bumi seentak galah serengkuh dayung.


Panti jompo di pasar Muara Tebo itu merupakan salah satu dari peninggalan ulama kelahiran tahun 1901 di Sungai Jawi–jawi, Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara itu. Pada mulanya panti tersebut di bangun di desa Mangun Jayo kecamatan Tebo Tengah. Pada Tahun 1954 berkembang hingga kepasar Muara Tebo.


Saat ini panti jompo tersebut memiliki 60 santri lanjut usia yang berasal dari berbagai Desa dalam kabupaten Tebo. Mereka dititipkan anak-anak mereka untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan mendalami ilmu agama Islam. Dan banyak juga yang punya keinginan sendiri untuk menghabiskan masa tua. Kebanyakan mereka merupakan bekas santri Ponpes Nurul Jalal.


Diketahui, Ponpes Nurul Jalal terletak di KM 1 Muara Tebo. Pada saat dipimpin almarhum Mansur, pondok ini menjadi tempat masyarakat Tebo untuk belajar ilmu agama Islam. Dan santri di panti jompo merupakan orang tua yang pernah nyantri di Ponpes Nurul Jalal pada waktu muda dahulu.


Salah seorang penghuni panti, Nyai Sa'ad menceritakan kalau dahulunya pondok nurul jalal yang merupakan cikal bakal panti jompo berada di desa Mangunjayo. Dan pada tahun 1954 pindak ke pasar Muara Tebo. Nenek berumur 111 tahun ini juga telah belajar di ponpes Nurul Jalal sejak sejak tahun 1954. Dan kini dia bersama penghuni lain saling berbagi ilmu agama Islam.


"Nak, sayo ko dulu mulonyo belajar di pondok yang waku itu terletak di desa mangun jayo. Tapi Tuan Guru mengajak sayo pindah ke pondok ko, supayo orang-orang disiko mau ngaji kalau ado nyaidisiko," tuturnya saat berbincang dengan Radar Tebo..


Salah satu Pengelola Yayasan Nurul Jalal, Aslami menjelaskan kalau Panti Jompo ini, merupakan salah satu dari Lembaga Pendidikan yang berada dibawah Yayasan Pondok Pesantren Nurul Jalal. Panti ini dibawah bimbingan Hj Siti Khodijah yang merupakan Istri dari Almarhum Tuan Guru Mansur.


"Setelah wafatnya almarhum Tuan Guru KH Zahrudin Usman pada tahun 1984, yayasan ini dipimpin almarhum Tuan Guru KH.M Mansur Hingga tahun 2002. Dan setelah Tuan Guru Mansur wafat, kepemimpinan yayasan dilanjutkan oleh H Fauzi Mansur hingga saat ini,"tutur Aslami.


Menurutnya, dipanti jompo ini, diajarkan ilmu tauhid, fiqh, Ibadah, dan mengaji Al – qur'an, guna mendekatkan diri kepada Allah. Sejak berdiri, yayasan ini, banyak sekali jasa–jasa masyarakat dan pemerintah. Baik saat Tebo masih bergabung dalam kabupaten Bungo-Tebo maupun setelah pemekaran sekarang.


"Dari sejak Bupati Abdul Mutholib pada masa Bungo-Tebo dulu hingga Bupati Madjid Muaz saat ini, pondok ini banyak mendapatkan bantuan pemerintah dan masyarakat. Baik itu berupa sembako maupun saran berupa Sarana Bangunan Kamar mandi, Tempat Wudhu, dan Musholla," tukasnya.(*)

Berita Terkait



0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Di Bawah Ini. Terima Kasih

Berita Populer

Objek Wisata Danau Sigombak Tebo, Jambi
 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com