Kamis, 03 April 2008

Potensi Danau Sigombak

. Kamis, 03 April 2008


Sigombak adalah suatu nama object wisata danau yang terletak di desa Jambu Kecamatan Tebo Ulu, 30 KM dari kota Muaratebo kabupaten Tebo, atau sekitar 250 KM dari Kota Jambi, Indonesia. Letak Danau Sigombak juga hanya berkisar sekitar 4o KM dari Kota Bungo dan Sekitar 80 KM dari Kabupaten Darmasraya, Province Sumatera Barat atau sekitar 300 KM dari Kota Padang. Danau Sigombak juga hanya berjarak sekitar 1oo KM dari perbatasan Tebo-Riau.

Danau Sigombak memiliki potensi sebagai objek wisata alam di Kabupaten Tebo dan Province Jambi. Sigombak memiliki luas mencapai 45 hektar dengan sebuah pulau seluas 15 Hektar yang terletak ditengah danau. Secara Geografis, Sigombak memiliki keunikan lain karena bisa dinikmati dari atas bukit dan dari bagian bawah danau. Disekeliling danau, masih dilingkupi suasana alam yang natural. seperti pohon beringin dan pohon lainnya.

Dari sisi budaya, danau Sigombak mengandung cerita legend masa lampau. Konon danau Sigombak merupakan tempat mandi raja-raja zaman dahulu. Danau Sigombak juga dikaitkan dengan beberapa cerita masa lalu yang sampai saat sekarang belum tergali. Didaerah lain sekitar danau, juga banyak ditemukan candi-candi peninggalan sejarah serta makam-makam kuno. Lagi-lagi, peninggalan sejarah itu belum dikelola dan digali secara baik. parahnya, sekarang tokoh-tokoh sejarah yang memiliki pengetahuan tentang danau Sigombak tidak diketemukan lagi.

Walaupun menyebutkan Sigombak sebagai objek wisata, hingga sekarang, pemerintah Provinsi Jambi dan Pemkab Tebo belum melakukan pembangunan yang berarti untuk mengembangkan potensi wisata alam itu.

Sampai tahun 2008, baru sebuah dermaga sebagai tempat peristirahatan yang dibangun didanau Sigombak. Keterbatasan anggaran pemerintah dan faktor pembangunan prioritas menyebabkan pembangunan objek wisata berjalan lambat. Memang sektor parisiwisata belum menjadi andalan bagi Provinsi Jambi apalagi Kabupaten Tebo. (dibuktikan dengan banyaknya candi-candi peninggalan sejarah peninggalan kerajaan hindu dan Budha yang belum dipugar, walaupun ada yang telah dipugar, tidak terawat...!

Sekarang, karena belum tergarap (namun) terus dipromosikan, Sigombak setiap hari selalu dikunjungi. Pengunjung yang kebanyakan generasi muda itu memanfaatkan lokasi danau pacaran yang beberapa diantaranya berakhir dengan perbuatan mesum. Karena itu, tokoh masyarakat mulai menentang keberadaan objek wisata danau didesa mereka.



Berita Terkait



2 komentar:

Anonim mengatakan...

trus gimana bisa berkembang objek wisata itu?

Anonim mengatakan...

moga ada investor yang melirik blog kamu dan tertarik menggarap danau sigombak. aku juga orang jambi loh, namun sekarang di bali...

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Di Bawah Ini. Terima Kasih

Berita Populer

Objek Wisata Danau Sigombak Tebo, Jambi
 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com