Jumat, 17 Juni 2011

Inspektorat Tidak Tahu Sumber Dana Biaya Pemeliharaan Rusa Rumah Dinas

. Jumat, 17 Juni 2011

MUARATEBO-Desakan DPRD Tebo agar dilakukan pendataan terhadap rumah dinas sepeninggal Bupati Tebo ditanggapi Pemkab Tebo. Bagian umum didampingi bidang aset DPKAD Tebo mulai melakukan inventarisir. Namun pihak inspektorat Tebo belum dilibatkan dalam pendataan tersebut.


"Kami tidak tahu dan tidak pernah diberitahu soal itu. Namun kalau DPRD meminta diaudit kami tentu siap melakukan. Namun untuk itu inspektorat harus berkoordinasi dulu dengan Plh Bupati karena tidak ada perintah untuk melakukan audit terhadap rumah dinas," ungkap Inpektur Inspektorat Tebo melalui Sekretaris, M Zen saat ditemui Radar Tebo dikantornya kemarin.


Menurutnya, jika yang diturunkan itu tim dari Pemkab, seharusnya pihak inspektorat juga harus dilibatkan dengan bagian umum dan bidang aset DPKAD atas dasar perintah dari Bupati. "Tapi sampai hari ini (kemarin, red) kami belum mendapat perintah untuk melakukan audit," tukasnya.


Diakui M Zen selama beberapa tahun terakhir ini pihak inspektorat tidak pernah melakukan audit terhadap rumah dinas kepala daerah yang penganggarannya berada di bagian umum. "Setahu kami selama ini yang melakukan audit dari pihak BPK langsung, jadi kami tidak tahu apa saja aset untuk rumah dinas," tukasnya.


Soal rusa rumah dinas, pihak inspektorat juga tidak mengetahui apakah dibeli dengan APBD atau tidak. Demikian juga dengan biaya untuk pemeliharaan dan makanan rusa yang berjumlah 12 ekor tersebut pihak inspektorat tidak mengetahui. "Kalau setahu saya, rusa termasuk binatang yang dilindungi," tandas M Zen kemarin.


Terpisah, Kabid Aset DPKAD Tebo Ahyat saat dikonfirmasi Radar Tebo mengatakan pihaknya telah melakukan pengecekan ke rumah dinas bersama Bagian Umum Setda Tebo. "Tapi kami hanya mendampingi, yang melakukan pendataan tetap dari bagian umum dan daftar aset rumah dinas adanya di bagian umum," katanya kemarin.


Sebelumnya, Kabag Umum Setda Tebo Eriyanto menuturkan pendataan tersebut dilakukan oleh tim aset yang melibatkan Bagian Umum dan Bidang Aset DPKAD Tebo. Untuk pendataan awal dilakukan terhadap aset rumah dinas yang bersifat statis dan untuk aset bergerak akan dilakukan pendataan lanjutan.


Seperti diberitakan, Ketua DPRD Tebo sebelumnya meminta kepada inspektorat dan BPK untuk melakukan audit rumah dinas Bupati karena diindikasikan ada aset yang hilang. DPRD juga meminta kepada Pemkab untuk menyerahkan daftar aset yang diperuntukkan untuk Bupati Tebo selama memimpin Tebo.(sumber: Radar Tebo edisi Jumat 17 Juni 2011)

Berita Terkait



0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Di Bawah Ini. Terima Kasih

Berita Populer

Objek Wisata Danau Sigombak Tebo, Jambi
 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com