Selasa, 02 Maret 2010

Jadi Tempat Pacaran, Tak Mampu Genangi Semua Sawah

. Selasa, 02 Maret 2010

Mengunjungi Bendungan Pagar Puding

Di bangun pada tahun 2004 lalu dengan dana APBD Provinsi, saat ini bendungan pagar puding telah menjadi hal yang tak terpisahkan dengan kehidupan warga desa Pagar Puding. Bagaimana kondisi bendungan yang menelan sekitar 5 Milyar Rupiah ini?

TEBO ULU
Gemericik suara air dari pintu air bendungan menimbulkan irama alam yang menyejukkan. Buaian angin menambah nyaman dengan pemandangan hijau kebun karet. Ikan-ikan yang mengambil oksigen ke permukaan air bendungan menciptakan riak-riak kecil melingkar di hamparan air jernih.

Sepasang remaja terlihat duduk mesra di atas bendungan memandang air yang menghampar. Suasana alam yang sejuk dan sepi menderai tawa muda-mudi yang di mabuk cinta itu. Di sisi bawah bendungan, duduk di atas drainase sepasang remaja lain terlihat duduk menjuntaikan kaki ke air.

Nuansa alami kental terasa di bendungan yang terletak sekitar di desa pagar puding kecamatan Tebo Ulu. Desa ini terletak sekitar 20 KM dari kota Muara Tebo dengan melintasi jalan padang lamo. Letaknya agak tersembunyi. Sekitar 1,5 KM dari pemukiman warga. Dan sekitar 150 meter dari pinggir jalan padang lamo. Dengan melintasi sisi lapangan sepak bola yang merupakan hasil sumbangan salah seorang politisi saat pemilu 2009 lalu.

“Seperti inilah kalau hari libur, dam ini menjadi tempat anak-anak muda pacaran. Mereka datang dari desa-desa sekitar sini,” kata salah seorang wanita paruh baya yang enggan menyebutkan namanya. Katanya, pengunjung yang agak ramai kalau liburan hari-hari besar keagamaan. “Kebanyakan anak muda yang dating dengan pacarnya atau teman-temannya,” sebutnya lagi.

Di bendungan ini, berbagai jenis ikan hidup. Dari bendungan inilah air mengalir melalui drainase di sisi jalan padang lamo menuju sawah warga sekitar 1,5 KM dari bendungan. Air yang mengalir di drainase pinggir jalan ini, dimanfaatkan warga untuk mandi dan mencuci. “Airnya jernih dan dekat rumah lagi,” kata Abdul, salah seorang warga.

Menurut warga, lokasi bendungan jika diperhatikan dan di bangun bisa menjadi tempat wisata air yang mempesona. Sayangnya saat ini tidak ada pohon-pohon atau taman yang menambah asri tempat tersebut. Bendungan juga berpotensi untuk menjadi objek wisata kuliner. Ikan-ikan yang hidup di bendungan bisa di jadikan ikan bakar jika pengunjung ramai.

Kunjungan yang ramai dan bisa menghidupkan perekonomian masyarakat jika ada acara yang di gelar. Lapangan sepak bola di tempat itu sering dijadikan oleh para pemuda desa menggelar turnamen antar desa. “Pada momen-monen tertentu di lapangan ini sering di gelar turnamen,” kata Joni, tokoh pemuda setempat.

Seyogyanya pembangunan bendungan itu untuk mengairi 400 hektar sawah di desa tersebut. Namun pada kenyataannya dari seluas itu, hanya sekitar 200 hektar sawah yang di garap warga. “Airnya tidak mampu mengairi semua sawah ini. Makanya banyak sawah yang tidak di garap,” kata warga lain.

Ucapan warga ini sesuai dengan kenyataan. Banyak sawah yang tidak di garap. Sawah-sawah itu menjadi semak dan tidak produktif. Namun pada sawah-sawah yang dialiri air, aktifitas pertanian tetap terlihat. Hamparan padi yang berumur beberapa minggu terlihat menghijau.

Petani di desa itu sering mengeluhkan sistem irigasi di sawah desa mereka. Karena Dam yang dibangun oleh pemerintah provinsi beberapa tahun lalu tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, sekitar 200 hektar sawah dari 400 hektar sawah di desa itu tidak digarap karena kekurangan air.Bahkan menurut petani, sawah di desa mereka jauh lebih bagus sebelum dibangun irigasi.

Beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Pertanian Tebo Ir Rahansi mengatakan keluhan itu pernah juga disampaikan petani ke dinas pertanian. Menindaklanjuti hal itu, menurutnya, Pemerintah Kabupaten telah menyampaikan ke pemerintah provinsi. “Keluhan itu pernah disampaikan dan telah diusulkan untuk perbaikannya dalam Musrenbang Provinsi. Karena petani memang sangat membutuhkan sawah itu. Juga untuk mencapai target Pemkab Tebo dalam swasembada beras,” ungkapnya beberapa waktu lalu.(****)

Berita Terkait



0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Di Bawah Ini. Terima Kasih

Berita Populer

Objek Wisata Danau Sigombak Tebo, Jambi
 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com