Rabu, 18 Februari 2009

Polisi Diragukan: Sapi Di Racun, Warga Enggan Lapor

. Rabu, 18 Februari 2009

Sigombak-Upaya polisi untuk mendapat kepercayaan dari masyarakat Tebo belum sepenuhnya tercapai. Kendati telah menggembor-gemborkan tentang Polisi sebagai mitra, kenyataan di lapangan tidak sesuai harapan. Kebanyakan warga masih enggan untuk berurusan dengan polisi dan hukum.

“Kegagalan” Polisi merebut hati masyarakat ini terlihat dari kasus matinya 30 ekor sapi milik warga di kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo yang kuat dugaan di racun oleh perampok. Upaya perampokan ternak dengan peracunan itu terjadi pada jum’at (13/2) lalu di desa pematang sapat dan desa karang dadi kecamatan Rimbo Ilir. Petugas dari kantor peternakan menyatakan kalau puluhan sapi tersebut mati di racun.

Beberapa pemilik ternak mengatakan mereka pasrah dengan musibah yang dihadapi. Warga beralasan enggan melapor ke polisi hanya akan mengeluarkan banyak biaya, energi dan pikiran selama proses pemeriksaan polisi.

“Dan biasanya, polisi tidak juga tidak berhasil mengungkapnya, sedangkan kita bisa dipanggil beberapa kali ke kantor polisi. Keluara biaya dan menghabiskan waktu yang bisa dimanfaatkan untuk kegaiatan lain,” kata salah seorang warga yang meminta identitasnya dirahasiakan.

Terpisah, Tulus Kepala Poskeswan wilayah tersebut, mengatakan kematian puluhan sapi milik warga tersebut positif akibat diracun. Itu bisa dilihat dari ciri-ciri dan hasil sampel kotoran sapi yang dikirimkan ke laboratorium bukit tinggi beberapa waktu lalu. Dari hasil pendataan dan temuan warga, ada sekitar 30 ekor sapi yang ditemukan sudah mati.

“Kita sudah tangani adanya kematian sapi-sapi milik warga itu, dan secara lisan kita juga sudah laporkan kepada aparat kepolisian. Namun warga pemilik sapi-sapi tersebut enggan lapor secara resmi dan menolak untuk diperiksa,” tutur Tulus kemarin (18/2).
Warga beralasan tidak mau repot berurusan dengan hukum.

Terkait Tebo:
-Tagana Indonesia Simulasi Bencana Di Danau Baru Tebo
-PMII Harus Lebih Aktif Dan Kritis

Berita Terkait



0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Di Bawah Ini. Terima Kasih

Berita Populer

Objek Wisata Danau Sigombak Tebo, Jambi
 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com