Kamis, 05 Maret 2009

60 Persen Pemilih Ganda Di VII Koto Ilir, KPU Tebo Salahkan Petugas Pendataan Dan System DPS

. Kamis, 05 Maret 2009

Tebo, Sigombak-Sesuai dengan temuan panwaslu Provinsi, sebanyak 392 orang dari total 188.764 dari daftar pemilih tetap (DPT) di kabupaten Tebo memiliki data pemilih yang ganda. Dari jumlah tersebut, terbanyak berada di di kecamatan VII Koto Ilir atau sekitar 60 persen. Sedangkan 40 persen lainnya berada di kecamatan Rimbo Bujang serta tersebar di beberapa kecamatan lain.

KPU Tebo yang mendapat tembusan temuan Panwaslu itu tidak ingin disalahkan atas kelalaian tersebut dan meyakini data ganda pemilih tersebut tidak ada unsur kesengajaan. Anggota KPU, Badarus Samsi yang membidangi pendataan, menuding munculnya data kepemilihan ganda itu karena lemahnya sumber daya manusia (SDM) petugas pendata serta system pendataan yang membuka peluang.
“Sebelum diumumkan sebagai DPT, kan ada DPS (Daftar pemilih sementara, red). Kemungkinannya, setelah terdata saat DPS, ketika pendataan untuk DPT di masukkan lagi. Makanya terjadi pemilih ganda. Ini karena system pendataan dan lemahnya SDM petugas pendata,” sebutnya di kantor KPU Tebo rabu 4 maret.

Kemungkinan lain, menurutnya, saat pendataan warga berpindah-pindah dari satu TPS ke TPS lain. “Misal saat pendataan di TPS A, dia terdata dan saat di TPS B dia juga dimasukkan lagi dalam pendataan. Makanya terjadi data pemilih ganda,” katanya lagi.

Untuk saat ini KPU belum mempunyai solusi untuk mengatasi data pemilih ganda tersebut. Menurut Badarus, untuk ketentuan Perpu revisi DPT tersebut sedang di bahas dalam raker di Jakarta. Karenanya KPU tidak berani untuk mencoret DPT ganda tersebut.

“Kita masih menunggu dari raker perpu nomor 1 tahun 2009 itu. Solusi terakhirnya saat pemilihan nanti, pemilih data ganda itu di hanya di beri 1 undangan. Tapi kita masih menunggu hasil raker, karena temuan pemilih ganda ini terjadi di semua daerah. Bukan hanya di Tebo saja,” tandasnya.



Berita Terkait



1 komentar:

Anonim mengatakan...

Kalau boleh tahu Anda oarang mana ya ? Dan kalau boleh Saya minta alamat email Anda..( kirimkan saja ke 4j.asep.st@gmail.com ) informasi lebih lengkap tentang Saya ada di FRIENDSTER 4j.asep.st@gmail.com

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Di Bawah Ini. Terima Kasih

Berita Populer

Objek Wisata Danau Sigombak Tebo, Jambi
 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com