Selasa, 26 Oktober 2010

Gol A Gong Isi Materi Penulisan Kreatif Dalam Kampanye Sastra

. Selasa, 26 Oktober 2010


Membangkitkan Minat Baca Butuh Peran Semua Pihak



MUARATEBO-Untuk menumbuhkan minat membaca di kalangan masyarakat dibutuhkan dukungan dan peran serta semua pihak. Mulai dari kalangan pemerintahan, wakil rakyat, Politisi, tokoh masyarakat, dermawan dan pihak lainnya. Yakni dengan dengan membuka taman bacaan di pemukiman warga yang di sokong oleh pihak-pihak tersebut.

“Kalau hanya mengandalkan perpustakaan sekolah saja, belum efektif. Perlu dibuat lebih banyak taman bacaan yang didukung tidak hanya oleh pemerintah, namun semua pihak,” kata Gola Gong nama pena penulis novel kondang, Heri Hendrayana Harris saat mengisi pelatihan menulis yang diselenggarakan oleh Tebo Art Community di aula kantor Bupati Tebo kemarin.

Pria yang kehilangan tangan kirinya saat usia 11 tahun dan telah menerbitkan lebih dari 70 judul novel dan buku ini mengatakan untuk menjadi seorang penulis, yang pertama harus dilakukan yakni dengan gemar membaca. Dengan banyak membaca, maka akan muncul bakat untuk menulis dan pada akhirnya bisa menjadi penulis yang mempunyai banyak karya yang bermanfaat.



“Keinginan untuk jadi penulis itu akan timbul sendiri setelah banyak membaca. Baik menjadi penulis novel, puisi, cerpen, wartawan, penulis skenario film dan lainnya dimulai dari hobby membaca,” tutur pria yang juga banyak menulis skenario sinetron yang kerap tayang di beberapa TV swasta nasional ini.



Sementara, Staf Ahli Bupati Tebo M Zamri SPd yang membuka acara pelatihan mengakui saat ini, di kabupaten Tebo kebiasaan menulis dan membaca belum terasah sepenuhnya. Katanya, kreatifitas menulis dengan karya yang bagus juga dapat mengharumkan nama daerah. “Selama ini memang belum ada karya penulis dari Tebo yang sanggup menembus nasional. Kami berharap, ke depannya, akan banyak lahir penulis dari Tebo,” tukasnya.



Sementara, pelatihan menulis ini disambut baik oleh masyarakat. Sekitar 70 peserta yang merupakan para guru, mahasiswa, siswa dan masyarakat mengikuti pelatihan dalam suasana santai yang disajikan Gola Gong. “Kami berharap, ke depannya banyak penulis Tebo yang lahir dan memunculkan karya yang membanggakan,” kata Ramayani, direktur Tebo Art Community.(why)

Berita Terkait



0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Di Bawah Ini. Terima Kasih

Berita Populer

Objek Wisata Danau Sigombak Tebo, Jambi
 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com